BOOK OF RESUME
Name :
SAEFUL RAKHMAT
Class/Fak/Univ. : PGMI 1A/FITK/UNSIQ
Subjek :
DASAR-DASAR PENDIDIKAN
Objek :
MERESUME BUKU SESUAI SILABUS
Book
Id : Suwarno,Wiji, 2013,
Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan,
Jogjakarta;Arruzzmedia.
Hasbullah,
2012, dasar-dasar ilmu pendidikan, Jakarta;pt. rajagrafindo.
Date
Of Resume : senin, 11 November 2013
DASAR-DASAR ILMU
PENDIDIKAN
Wiji Suwarno
Editor: IIyya Muhsin
Proofreader:
Aziz Safa
Desain Cover:
TriAT
Desain isi: noorzed
Penerbit:
AR-RUZZ MEDIA
Jl.Anggrek 126 Sambilegi,Maguwoharjo,
Depok,Sleman,Jogjakarta488132
Telp/fax: (0274)488132
ISBN:
979-25-4371-6
Cetakan IV,2013
Dicetak oleh:
AR-RUZZ MEDIA
Telp/fax:
(0247)4332044
Perpustakaan Nasional: Catalog
Dalam Terbitan (KDT)
Suwarno, Wiji.
Dasar-dasar ilmu pendidikan/wiji
suwarno-jogjakarta:ar-ruzz media,2013
176 hlm,12 x 19 cm
ISBN: 977-25-4371-6
I.Pendidikan
II.Judul
III.Wiji Suwarno
Peroustakaan
Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT)
Hasbullah
Dasar-dasar ilmu pendidikan (umum
dan agama islam)/hasbulah.-ed. Revisi-10-jakarta: rajawali pers, 2012.
Xiv, 4040 hlm., 21 cm.
ISBN 979-421-693-3
I.
Pendidikan
II.
Judul
III.
Pendidikan agama islam
297
Hak
cipta 1999, pada penulis
Dilarang
mengutip sebagian atau kesluruhan isi buku ini dengan cara apappun,termasuk
dengan cara penggunaan mesin fotokopi,tanpa izin penerbit
99.0599
RAJ
Hasbullah
DASAR-DASAR
ILMU PENDIDIKAN (EDISI REVISI)
Cetakan
ke-10april 2012
Hak
penerbitan pada pt.rajagrafindo persada, jakarta
Desain
cover oleh expertthoha studio
Dicetak
di fajarinterpratama offset
PT
RAJAGRAFINDO PERSADA
Kantor
pusat:
Jl.
Janur kuning I,blok WF I No.I, Kelapa gading permai, Jakarta 14240
Tel/fax :(021) 4520951-45847329
e-mail :rajapers@rajagrafindo.co.id http://www.rajagrafindo.co.id
Kata pengatar
Perusume
Alhamdulilah saya panjatkkan kehadirat
allah swt. Yang telah memberikan nikmat sehat dan kesempatan dalam meresume
buku ini, sehingga tugas ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya, yang
diharapkan nantinya buku ini dapat membantu
mahasiswa dalam memahami tentang dasar-dasar ilmu pendidikan karya wiji
suwarno.sebagai bahasan yang praktis bagi para pembaca hasil resume, Yang
menjadi literature bahan perkuliahan/buku bacaan pada umumnya.
wonosobo,15
november 2013
Daftar isi
Identitas
buku………………………………………………………………… 1
Kata
penantar peresume……………………………………………………… 3
Daftar
isi……………………………………………………………………... 5
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Pengertian pendidikan……………………………………………….. 6
B.
Tujuan……………………………………………………………….. 6
C.
Pendidik……………………………………………………………... 7
D.
Peserta didik………………………………………………………… 7
E.
Alat pendidikan……………………………………………………... 7
F.
Lingkungan pendidikan…………………………………………….. 7
BAB
II
LEMBAGA
PENDIDIKAN
G.
Fungsi………………………………………………………………. 7
H.
Peran……………………………………………………………….. 7
BAB
III
ALIRAN
PENDIDIKAN
I.
Empirisme…………………………………………………………. 8
J.
Nativisme………………………………………………………….. 8
K.
Naturalisme………………………………………………………... 8
L.
Konvergensi……………………………………………………….. 8
M.
Progresivisme……………………………………………………… 8
N.
Esensialisme………………………………………………………. 8
BAB
IV
KONSEP
PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP…………………………….. 8
BAB
V
INOVASI
PENDIDIKAN…………………………………………………. 9
BAB
VI
DEMOKRASI
PENDIDIKAN…………………………………………….. 9
BAB
VII
TOKOH
–TOKOH PENDIDIKAN……………………………………….. 9
BAB
VIII
SISTEM
PENDIDIKAN NASIONAL
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan hal yang sangat
berpengaruh pada kehidupan sehari-hari, bahkan sudah menjadi trend tersendiri
pada masa modern saat ini,ilmu jiwa umum dan khusus mengupas perkembangan jiwa
anak didik yang menjadi sasaran pendidikan, dilengkapi ilmu manusia, antropologi,yang
menjelaskan jasmaniah anak didik.
Didaktik dan metodik umum dan khusus
merupakan ilmu mengajar yang membantu pendidikan sekolah dan membantu mengupas
persoalan pendidikan dan fasilitas pendidikan. Sedangkan ilmu kemasyarakatan,
sejarah kebudayaan dan sejafah perjuangan bangsa secara umum dapat menjelaskan
dan menjadi sumber utma kajian pada sector pendidikan.
A.
PENGERTIAN PENDIDIKAN
Pendidikan (yunani) paedagogy adalah
pulang dan pergi anak ke sekolah diantar pelayan(paedagogos), (romawi) educate
adalah mengeluarkan sesuatu dari dalam, (inggris) to educate adalah memperbaiki
moral dan melatih intelektual, (UU NO. 20/2003 SISDIKNAS) pendidikan adalah
usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar pesera didik aktif mengembangkan potensi dirinya sehingga
memiliki kekuatan spiritual keagamaan,pengendalian diri,kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang dibutuhkan dirinya,
masyarakat, bangsa dan Negara.
B.
TUJUAN PENDIDIKAN
Tujuan pendidikan adalah sesuatu yang
ingin di capai melalui kegiatan pendidikan.
Menurut jenisnya ada 4 yaitu,
1.
Tujuan nasional
Tujuan pendidikan yang ingin di capai
suatu bangsa (harapan bangsa).
2.
Tujuan institusional
Tujuan pendidikan yang ingin di capai
suatu lembaga pendidikan (harapan institusi).
3.
Tujuan kurikuler
Tujuan pendidikan yang ingin di capai
dengan suatu mata pelajaran tertentu.
4.
Tujuan instruksional
Tujuan pendidikan yamg ingin di capai
oleh suatu bahasan pokok/sub bahassan tertentu.
Menurut imam barnadib(1984; 50-51)
dengan merangkum pendapat langeveld,ada 6 tujuan pendidikan;
1.
Tujuan umum(yang akan di capai di
akhir proses pendidikan)
2.
Tujuan khusus(atas dasar jenis
kelamin,sifat,bakat,inteligensi,lingkungan sos-bud,dll)
3.
Tujuan tidak lengkap(tidak ada
sangkut paut dengsn manusia)
4.
Tujuan sementara(sifatnya
sementara)
5.
Tujuan intermediet(perantara)
6.
Tujuan incidental(tuuan pada saat
tertentu)
Menurut bloom
1.
Cognitive domain(kemampuan yang
di miliki)
2.
Affective domain( kemempuan
menerima)
3.
Psychomotor domain(respon)
C.
PENDIDIK
Pendidik adalah orang yang lebih dewasa
yang mampu membawa peserta didik ke arah kedewasaan, secara akademis pendidik
adalah tenaga kependidikan,penndidik merupakan tenaga professional yang merencanakan,
melaksanakan, menilai, membimbing,melatih,serta melakukan peneliyian dan pengabdian
kepada masyarakat. Pendidik harus memiliki kualifikasi,sertifikasi,sehat
jasmani,rohani dan memiliki kemampuan mewujudkan tujuan pendidikan.
D.
PESERTA DIDIK
adalah anggota masyarakat yang berusaha
mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran pada jalur,jenjang dan
jenis pendidikan tertentu.peserta didik di bina dan diarahkan agar memcapai
derajat kesusilaan.
E.
ALAT PENDIDIKAN
Adalah hal yang membantu terlaksananya
pekerjaan mendidik.
Menurut abu ahmadi:
1.
Alat pendidikan positif dan
negative
2.
Alat pendidikan preventif dan
korektif
3.
Alat pendidikan menyenangkan dan
tidak menyenagkan
F.
LINGKUNGAN PENDIDIKAN/MILIEU
Adalah lingkungan yang melingkupi
terjadinya proses pendidikan. Lingkungan pendidikan meliputi lingkungan
keluarga,sekolah dan masyarakat.
BAB II
LEMBAGA
PENDIDIKAN
Lembaga pendidikan atau sering disebut
sekolah yang biasa dilakukan kegiatan belajar dan mengajar yang terdiri dari pendidik,peserta
didik,alat dan fasilitas yang diperlukan
G.
FUNGSI
Sebagaimana diperinci oleh suwarno, dalam buku pengantar umum
pendidikan sebagai berikut:
a.
Mengembangkan kecerdasan pikiran
dan memberikan ilmu pengetahuan
b.
Spesialisasi
c.
Efisiensi
d.
Sosoialisasi
e.
Konservasi dan transmisi cultural
f.
Transisi dari rumah ke masyarakat
H.
PERAN
Peran sekolah merupakan lembaga yang membantu
lingkungan keluarga,maka sekolah harus mendidik dan mengajar,memperbbaiki,memperhalus
tingkah laku peserta didik. peranan sekolah melalui kurikulum sebagai berikut;
a.
Anak didik diijari berbaul dengan
lingkungan.
b.
Anak didik belajar menaati
peraturan.
c.
Mempersiapkan peserta didik
menjadi anggota mayarakat yang berguna
BAB III
ALIRAN
PENDIDIKAN
Aliran pendidikan merupakan ideology yang di hasilkan
dari para pemikir-pemikir yang dianggap sebagai penyesuaian proses pendidikan
dengan kebutuhan yang diperlukan.
I.
EMPIRISME
Menurut aliran ini, pendidik sebagai
factor luar memegang peranan penting, yang menyediakan lingkungan pendidikan
bagi anak didik.
J.
NATIVISME
Perkembangan individu ditentukan oleh
factor bawaan sejak lahir.
K.
NATURALISME
Setiap anak yang lahir didunia ini
mempunyai pembawaan baik sejak lahir dan akan menjadi rusak karena pengaruh
lingkungan.
Aliran ini menitik beratkan pada
strategi pembelajaran yang bersifat paedosentris(kemampuan individu peserta
didik sebagai pembelajaran)
L.
KONVERGENSI
Anak lahir di dunia ini sudah memiliki pembawaan baik dan
buruk,selanjutnya perkembangan anakdipengaruhi lingkungan.sehingga factor
pembawaan ddan lingkungan berperan penting.
M.
PROGRESIVISME
Manusia memiliki kemampuan-kemampuan
yang wajar,dapat menghadapi dan memecahkan masalah.
N.
ESENSIALISME
landasan ppendidikan adalah niai-nilai
esensial yaitu teruji waktu,bersifat menuntun,dann turun termurun.
BAB IV
KONSEP
PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP
Konsep pendidikan
seumur hidup adalah ideology yang menetapkan bahwa pada hakikatnya dimanapun
manusia berada masih dalam masa belajar tanpa menganal batasan umur. Seperti
yang di sabdakan oleh nabi Muhammad.saw”tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke
liang lahad”. Yang berarti bahwa dalam menggali ilmu tanpa ada batasan umur.
BAB V
INOVASI
PENDIDIKAN
Secara gambaran
umum inovasi pendidikan merupakan pembaharuan pendidikan yang menuju kearah
yang lebih baik,seperti yang di harapkan pada pembukaan undang-undang 1945.
Inovasi pendidikan sangat dibutuhkan karena dapat mendorong kemajuan pendidikan
yang terarah dan menciptakan generasi yang cerdas.
BAB VI
DEMOKRASI
PENDIDIKAN
Demokrasi
pendidikan merupakan pendidikan yang di khususkan untuk semua kalangan hingga
dapat dinikmati hingga seluruh masyarakat dari kalangan bawah hingga atas.
BAB VII
TOKOH –TOKOH PENDIDIKAN
Tokoh pendidikan merupakan orang yang
berjuang sehingga jasanya dapat dikenang
dalam seluruh nusantara dalam memperjuangkan pendidikan di negeri ini. Berikut
tokoh-tokoh pendidikan di Indonesia:
A.
RA.KARTINI (1879-1904)
Raden Ajeng Kartini merupakan wanita
pertama Indonesia yang merperjuangkan gender pendidikan bagi kaum wanita.
Beliau lahir di jepara pada tanggal 21 april 1879 yang di cetuskan sebagai hari
kartini.
Beliau mendirikan sekolah gadis di
jepara pada tahun 1903,sekolah gadis di rembang.
Beliau wafat pada tahun1904.
B.
Raden Dewi Sartika (1884-1947)
Readen Dewi Sartika lahir pada 4
desember 1884,beliau mendirikan sekolah istri pada tahu 1904 yang terdiri dari 20 peserta
didik dan bertambah 20 lagi. Pada tahun1909 beliau mulai mengeluarkan ijazah,yang
kemudian diganti menjadi sekolah kautama istri.
C.
Rohana Kudus (1884-1969)
Rohana kudus dilahirkan pada 20 desembar
1889 di kota gedang,Sumatra barat. Mendirikan sekolah gadis 1905 sampai 1911
yang diganti menjadi sekolah kerajinan amai setia, 10 juli 1912 sekolah sunting
meliyan.
D.
Ki Hajar Dewantara (1889-1959)
Raden mas suwardi suryaningrat merupakan
nama assli waktu kecil ki hajar dewantara yang di lahirkan di yogya karta pada
tanggal 2 mei 1889 putra dari KPH suryaningrat dan cucu dari paku alam.
E.
Mohamad syafei (1899-1969)
F.
K.H Ahmad Dahlan (1869-1923)
Mohamad darwis di lahirkan di Jogjakarta
pada tahun 1869, bapaknya bernama KH. Abubakar bin KH. Sulaiman.
G.
K.H HASYIM ASYARI(1871-1947)
di lahirkan di jombang jawa timur 14 februari 1871,beliau berjasa besar
karenanya lah berdiri organisasi besar di Indonesia yaitu NU yang didirikan
pada 31 January 1926.
Sementara itu NU tidak hanya bergerak dalam
social kemasyarakatan tetapi memperhatikan pada masalah pendidikan pula yaitu
“ma’arif”.ma’arif bertugas membuat perundang-undadng dan program pendidikan
yang bernaung dan dinaungi oleh NU. BERIKUT MERUPAKAN TUJUAN PENDIDIKAN MAARIF;
1.
Menumbuhkan jiwa pendidikan dan
pemikiran/gagasan yang dapat membentuk pandangan hidup bagi anak didik sesuai
ajaran ahlussunah wal jamaah.
2.
Menanamkan sifat terbuka ,mandiri,kemampuan
bekerja dengan pihak lain,ketrampilan ilmu pengetahuan dan teknologi(IPTEK)
3.
Menciptakan sifat perilaku hidup yang
berorientasi duniawi dan ukhrawi.
4.
Menanamkan terhadap nilai ajaran agama islam
yang dinamis.
Setelah terciptanya tujuan maka NU mendirikan lembaga pendidikan
madrasah dan umum, sebagai berikut:
1.
Raudhatul athfal(tk) 3th
2.
Sekolah rakyat Indonesia(sri) 6th
3.
Smp nu 3th
4.
Mma nu 3th
5.
Muallimin/mualimat 5th
6.
Selain madrasah dan sekolah umum NU juga punya PERGURUAN TINGGI.
Semua itu tidak
terlepas dari K.H. HASYIM ASYARI sebagai pendiri NU.
Setelah jasanya yang begitu besar beliau
mewariskan itu semua kepada kita khususnya pada kaum NU. Beliau wafat pada
tanggal 25 juli 1947 dengan meninggalkan karya dan pemikiran yang sangat
monumental khususnya PONDOK PESANTREN TEBUIRENG
.
BAB VIII
SISTEM
PENDIDIKAN NASIONAL
Sangat jelas
DAFTAR PUSTAKA
Suwarno,Wiji,
2013, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan,
Jogjakarta;Arruzzmedia.
Hasbullah,
2012, dasar-dasar ilmu pendidikan, Jakarta;pt. Rajagrafindo.
adapun tambahan pengertian dari fikiran saya sendiri.
tulisannya yg bab VIII sangat jelas apa?
BalasHapusgak ada lanjutannya
BAB VIII tolong dijelaskan !
BalasHapusCasino Review - DRMCD
BalasHapusOur casino review looks at 충청남도 출장샵 the bonus codes, promotions, games, 천안 출장안마 and 포항 출장마사지 banking options at the casino and also details bonuses 충주 출장샵 offered. Find out more. Rating: 5 · Review by 경주 출장안마 Dr.